Kemahasiswaan

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) diatur sepenuhnya oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK: prestasi akademik, prestasi olahraga dan seni, prestasi khusus, serta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB: Program S-1 Nasional dan Program S-1 Nonreguler/ Swadana). Kegiatan mahasiswa program studi terpusat/ terwadahi dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himprobsi).

Berikut ini data mahasiswa pendaftar di Prodi PBSI selama 5 tahun terakhir.

  1. Tahun 2003 terdiri dari PMDK  4 orang + SPMB 35 orang + SWA 17 = 56 orang.
  2. Tahun 2004 terdiri dari PMDK  3 orang + SPMB  47 orang + 18 nonreguler = 68 orang.
  3. Tahun 2005 terdiri dari PMDK  5 orang + SPMB  32 orang = 37 orang.
  4. Tahun 2006 terdiri dari PMDK  7 orang + SPMB  32 orang + 36 nonreguler = 78 orang.
  5. Tahun 2007 terdiri dari  PMDK 7 orang + SPMB 30 orang = 37 orang.

Kegiatan Himprobsi meliputi: lomba  baca puisi, mendongeng, seminar di lingkungan kampus dan luar kampus, diskusi  bahasa dan sastra, pengembangan minat dan bakat, menulis kreatif, menulis karya jurnalistik, menyunting, serta  studi banding ke perguruan tinggi sejenis. Selain itu, pelbagai kegiatan yang dilakukan Himprobsi gayut dengan pelbagai kegiatan yang menunjang pengembangan wawasan dan keahlian mereka sebagai calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang profesional di bidangnya.

Berdasarkan analisis data kemahasiswaan Prodi PBSI diperoleh deskripsi sebagai berikut.

  1. Profil mahasiswa berdasarkan asal daerah adalah sebagai berikut: ± 53,72% dari wilayah Surakarta, 21,01% dari wilayah Jawa Tengah (selain Surakarta), dan 25,27% dari luar Provinsi Jawa Tengah (Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan). Selain itu, rata-rata skor UMPTN yang mampu dicapai para calon mahasiswa sebesar 498,35.
  2. Sistem seleksi mahasiswa terdiri atas dua macam, yaitu: (1) jalur SNMPTN = 87,5 % dan  (2) jalur PMDK = 12,5%
  3. Bantuan bimbingan yang bersifat akademik diberikan melalui program 3S (Student Support and Service). Selain itu, setiap Penasihat Akademis (PA), secara individual, melakukan pembimbingan kepada mahasiswa secara periodik.
  4. Pemberian informasi tentang karier dan bimbingan diberikan oleh PA dan pimpinan program studi, jurusan, fakultas, dan bagian kemahasiswaan.
  5. Layanan konseling mahasiswa diberikan oleh dosen PA pada awal, tengah, dan akhir semester dan setiap saat bilamana diperlukan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan memecahkan atau mengurangi masalah yang dihadapi mahasiswa, di samping oleh biro konsultasi. Kegiatan ekstrakurikuler berupa penerbitan majalah dinding (mading), karya tulis ilmiah, program kreativitas mahasiswa, bengkel bahasa, dan teater dilaksanakan oleh mahasiswa melalui Himprobsi bekerja sama dengan Kelompok Teater Peron FKIP.

1 comment

  1. iznine_sp

    aku ingin bergabung nantinya,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>