↑ Kembali ke Jurnal BASASTRA

Petunjuk Penulisan

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL

JURNAL BASASTRA

 

Ketentuan penulisan artikel BASASTRA adalah sebagai berikut:

  1. Artikel ditulis berdasarkan hasil penelitian bidang kebahasaan, kesastraan, atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Artikel harus asli, dalam arti belum pernah dipublikasikan dalam jurnal atau majalah lain. Judul penelitian asli dan informasi lain tentang penelitian yang dianggap penting, jika perlu, dituliskan dalam footnote halaman pertama.
  2. Artikel yang berasal dari penelitian kelompok dapat ditulis dengan dua cara: (a) seluruh anggota kelompok dapat menjadi penulis bersama, atau (b) ditulis atas nama seorang anggota kelompok, tetapi atas persetujuan anggota kelompok yang lain. Baik dengan cara (a) maupun (b), hal itu diinformasikan dalam footnote halaman pertama.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang artikel antara 15-20 halaman, diketik dalam kertas ukuran A-4, spasi 1,5, huruf Times New Roman ukuran 12. Artikel dikirimkan dalam bentuk print-out dan disket dan dilampiri biodata.
  4. Format Artikel:
    • JUDUL
    • Abstract
    • Kata kunci
    • PENDAHULUAN
    • METODE
    • HASIL  PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
    • SIMPULAN DAN SARAN
    • Ucapan terima kasih (bila diperlukan)
    • DAFTAR PUSTAKA
  5. Artikel ditulis dengan rambu-rambu sebagai berikut: (a) judul, panjang  judul antara 8 hingga 15 kata, (b) nama penulis dan alamat lembaga, nama penulis tanpa disertai gelar dan diikuti alamat korespondensi atau email,(c) abstrak; abstrak ditulis dalam bahasa Inggris, memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian, maksimal 250 kata yang disajikan dalam satu paragraf; (d) kata kunci; kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia antara 3 hingga 5 kata kunci yang merefleksikan konsep-konsep penting yang berkaitan dengan masalah penelitian dan tempatnya di bawah abstrak, (e) pendahuluan; pendahuluan berisi: (i) latar belakang masalah, (ii) tujuan penelitian, (iii) kajian pustaka, (f) metode penelitian, (g) hasil penelitian; hasil penelitian disajikan secara padat dan kalau perlu mempergunakan tabel; di dalam hasil penelitian dan pembahasan diberi subjudul-subjudul yang sesuai dengan fokus kajian, (h) pembahasan, yang menyampaikan jawaban terhadap rumusan masalah, temuan–temuan pentingpenelitian, paparan logika diperolehnya temuan, dan interpretasi temuan, (i) simpulan dan saran; kesimpulan tidak sekedar mengemukakan kembali temuan penelitian, tetapi juga mengemukakan sesuatu yang dibuat berdasarkan temuan itu, (j) daftar pustaka; daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang ditunjuk dalam penulisan artikel dengan sistematika mengikuti contoh (unduh contoh daftar pustaka)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>