SIKAP

No Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 1* 2* 3* 4* 5* 6* 7* 8*
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
11 Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan
12 Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
13 Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami anti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme

PENGETAHUAN

No Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 1* 2* 3* 4* 5* 6* 7* 8*
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesusastraan Indonesia,  konsep dasar keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia, penelitian bahasa dan sastra Indonesia, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
2 Menguasai konsep dasar mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia
3 Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan, model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
4 Menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta terampil menggunakan bahasa Inggris
5 Menguasai konsep tentang kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang baik berdasarkan penilaian proses dan hasil belajar
 6 Menguasai konsep tentang lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang, dan mengembangkan peserta didik untuk berkreasi
7 Menguasai teori belajar dan pembelajaran, landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis kultural, psikologis, dan empiris pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
8 Menguasai konsep pengembangan kurikulum bidang studi bahasa dan sastra Indonesia serta pengelolaan kurikulum tingkat satuan pendidikan
9 Menguasai konsep tentang integrasi teknologi, pedagogi, muatan bahasa dan sastra Indonesia, serta komunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
10 Menguasai konsep tentang diseminasi karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi
11 Menguasai konsep dasar pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA)
12 Menguasai konsep dasar penyuntingan
13 Menguasai konsep dasar jurnalistik
14 Menguasai konsep dasar kepenyiaran
15 Menguasai konsep dasar drama dan teater
16 Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya

KETERAMPILAN UMUM

No Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 1* 2* 3* 4* 5* 6* 7* 8*
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya
4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
 6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KETERAMPILAN KHUSUS

No Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) 1* 2* 3* 4* 5* 6* 7* 8*
Mampu menerapkan konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesusastraan Indonesia, konsep dasar keterampilan berbahasa dan bersastra Indonesia, penelitian bahasa dan sastra Indonesia, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
2 Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis
3 Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan pendekatan, model, bahan ajar, media, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
4 Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta terampil menggunakan bahasa Inggris
5 Mampu memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan penilaian proses dan hasil belajar
 6 Mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang, dan mengembangkan peserta didik untuk berkreasi
7 Mampu menerapkan teori belajar dan pembelajaran, landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis kultural, psikologis, dan empiris pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam pembelajaran
8 Mampu mengembangkan kurikulum bidang studi bahasa dan sastra Indonesia serta mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan
9 Mampu menerapkan integrasi teknologi, pedagogi, muatan bahasa dan sastra Indonesia, serta komunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
10 Mampu mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi
11 Mampu menerapkan pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
12 Mampu melakukan penyuntingan dengan baik, dan tepat
13 Mampu melakukan kegiatan jurnalistik dengan baik
14 Mampu melakukan kegiatan kepenyiaran dengan baik
15 Mampu menerapkan prinsip-prinsip drama, teater, serta keterampilan bermain drama
16 Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya

Keterangan Profil Lulusan:

  1. Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Peneliti Pelaksana Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pengajarannya
  3. Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
  4. Penyunting (Editor)
  5. Jurnalis
  6. Penyiar
  7. Pengajar Drama dan Teater
  8. Wirausaha Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pengajarannya